Senin, 03 Maret 2014

Kali ini saya akan berbagi info tentang Penyebab timbulnya jerawat dan cara mengatasinya , jerawat sangat berpengaruh pada penampilan kita, kalau muka banyak jerawat bisa tampil kurang PD, berikut ini ulasan tentang hal tersebut:
Munculnya Jerawat masih merupakan misteri, namun ada empat factor utama yang diduga paling bertanggung jawab, mereka bertindak bersama-sama untuk menyebabkan karakteristik jerawat, whitehads dan komedo.
Faktor factor tersebut adalah :
  •  Kelenjar minyak yang terlalu aktif
  • Penyumbatan pori pori kulit
  • Aktivitas bakteri kulit.
  • Peradangan
Kulit wajah yang kotor bukanlah penyebab utama jerawat. Para ahli justru menyebutkan perubahan hormon sebagai penyebab utama  timbulnya jerawat. Ketidakseimbangan hormon  tadi akan menyebabkan produksi sebum berlebih. Selain masa puber, ketidakseimbangan hormon juga dialami oleh wanita hamil, siklus menstruasi serta menopause.
Penyebab lain timbulnya jerawat adalah stress emosional, iritasi kulit akiat pengelupasan, serta penggunaan alat kontrasepsi dan obt obatab yang menggangu keseimbangan hormone.
Pada masa remaja, hormone endrogen menjadi aktif dan merangsang kelenjar minyak pada kulit, menyebabkan meningkatnya produksi minyak. Akibat produksi minyak berlebih, pori-pori tersumbat sehingga menimbulkan bintik bintik yang biasanya berwarna hitam.
Selama masa stress, kelenjar adrenal memproduksi peningkatan kadar hormone ini, menyebabkan pembesaran yang lebih besar dari kelenjar minyak, Selama pubertas, kelenjar minyak menjadi berlebihan dalam menaggapi perubahan hormonal. Oleh karena itulah para remaja ( di masa pubertas) rawan sekali terjangkit jerawat.
 Orang dengan kulit berminyak memiliki kelenjar minyak yang terlalu aktif dan overdosis minyak. Jerawat terjadi ketika beberapa pori-pori ( dimana minyak biasanya mengalir dari kelenjar minyak untuk mencapai permukaan kulit) menjadi tersumbat sehingga minyak terjebak dalam pori-pori kulit.
Pori-pori tersumbat oleh sel-sel kulit yang telah ditumpahkan dari lapisan pori kulit menjadi berkumpul bersama-sama. Penyebab penyumbatan itu sendiri tidak diketahui, tetapi bukan karena factor kebersihan yang buruk. Sebuah komedo atau whitehead akan berkembang karena penyumbatan pori-pori kulit.            
Untuk mengatasi atau menghilangkan jerawat bisa mengikuti cara dibawah ini:
Banyak Cara yang dilakukan orang orang untuk mengobati jerawat yang tumbuh diwajahnya. Ada yang menggunakan pengobatan modern atau medis dan ada pula yang menggunakan tradisional. Dalam Hal ini mari kita bahas pengobatan cara tradisional terlebih daulu untuk menghilangkan atau mengobati jerawat.
Pengobatan cara tradisional utuk mengobati jerawat memiliki banyak keutungan disampg biayanya yang relative murah, efek sampingnya pun tidak sebesar jika menggunakan obat obatan modern. Obat obatan tradisional umunya menggunakan bahan bahan alami yang mudah didapat.
Berikut ini adalah beberapa cara pengobatan tradisional untuk menghilangkan jerawat:
·      Menggunakan Daun Sirih
Ambil daun sirih sebanyak 5 sampai 10 lembar, kemudian rebus 2 gelas air dalam wadah tertutup. Setelah mendidih, angkat dan diamkan hingga hangat-hangat kuku. Ramuan ini digunakan untuk mencuci muka yang berjerawat, sebaiknya dilakukan secara rutin menjelang tidur dan sehabis bepergian.
·         Menggunakan Bawang Putih
Ambil setengah siung bawang putih, kunyit seruas jari dan kentang sebutir ukuran sedang ditambah mentimun dan lidah buaya. Semua bahan dihaluskan dan dicampurkan hingga rata. Ramuan ini kemudian dioleskan keseluruh permukaan kulit yang berjerawat sebagai masker, biarkan selama 30 menit, kemudian blas dengan air hangat, disusul dengan air dingin.
·         Menggunakan Jerus Nipis
Ambil sebutir jeruk nipis dan diperas. Ambil juga sebutir mentimun atau bengkuang, dihaluskan dan diambil airnya, kemudian campurkan. Oleskan campuran bahan keseluruh permukaan kulit wajah sebagai masker, biarkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan secara teratur selama 2 hari sekali. Jika Jerawat terasa perih pemakaian dihentikan.
·         Menggunakan Belimbing wuluh
Ambil Belimbing wuluh 5 buah dan air garamsecukupnya. Bahan bahan ditumbuk halus kemudian airnya dioleskan pada kulit yang berjerawat dua kali sehari, pagi dan malam hari sebelum tidur.
Demikian lah Penyebab timbulnya jerawat dan cara mengatasinya, semoga bermanfaat bagi kita semua.

sumber : http://www.infokesehatankulit.com/2014/02/penyebab-timbulnya-jerawat-dan-cara.html

0 komentar:

Posting Komentar